Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Kamis, 30 Mei 2013

10Konsep Arsitektur Beberapa Tokoh Arsitek Indonesia dan Karyanya

Pada tulisan terdahulu tentang arsitektur telah dijelaskan  teori dan konsep arsitektur, (lihat dan klik di sini) Pada kesempatan ini kita akan melihat contoh-contoh bagaimana praktisi arsitek menggunakan konsep-konsep dan teori desain itu untuk karyanya. Khususnya  bagi pelaku/tokoh arsitektur Indonesia. Beberapa diantaranya yang akan diuraikan adalah :
Yuswadi Saliya,  M. Ridwan Kamil,  Baskoro Tedjo,  Alexander Santoso, Achmad D. Tardiana, Eko Purwono, Acmad Noe’man, Basauli Umar Lubis dan sebagainya.

Вы можете узнать, как концепции и теории архитектуры принятые индонезийского архитектора и его применение в архитектурных работах.


你可以学习如何架构的概念和理论,通过印尼建筑师和建筑作品及其应用。


Anda dapat mempelajari bagaimana konsep-konsep serta teori arsitektur yang dianut oleh arsitek Indonesia dan penerapannya pada karya arsitektur.

10. Isandra Matin Ahmad (1962...)



Konsep Desain: Respon Estetik dari Sekuensi Pengalaman Pengamat Visual Arsitektur 2)

(lihat cacatan kaki tentang respon estetik dan respon kritis)

Arsitektur Andra Matin adalah arsitektur yang sinematik. Arsitektur sebagai sebuah peristiwa ditata ke dalam alur pengalaman yang tersusun dalam sekuens, sehingga pemahaman/apresiasi (pemahaman mungkin bukan kata yang tepat) akan keseluruhan cerita “ditunda”, tidak terpahami langsung dalam waktu yang bersamaan. Jika arsitektur pada umumnya telah menstandarkan atau mendatarkan emosi dengan cara menghilangkan ekstrim dari spektrum emosi manusia, maka arsitektur Andra Matin “memaksa” kita meminjamkan emosi kita, dan meletakkannya di sana. Ia terasa hadir justru bukan semata-mata dari eksistensi materialnya, melainkan pada imaji-imaji dan perasaan-perasaan yang ditimbulkan pada yang mengalaminya. Dengan demikian, ia membuat kita merasakan adanya keterikatan pada tempat, waktu, dan terutama pada diri kita sendiri, secara lebih kuat dan bermakna.


Catatan (2)

Dalam mengamati sebuah karya, baik karya arsitektur maupun karya seni visual, secara teoritik ada dua jenis respon, yaitu respon estetik dan respon kritis/kritik. Respon estetik adalah respon emosional dan hal ini berbeda dengan respon kritis yang bermuara ke pemahaman/apresiasi  tentang apa yang diamati. Nampaknya konsep desainnya filosofi yang mementingkan pengalaman user (pemakai) filosofinya adalah user oriented design.

Isandra Matin Ahmad adalah seorang arsitek yang karya-karyanya menerima banyak penghargaan sejak mendirikan Andra Matin Architects pada tahun 1998. meraih IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Award pada tahun 1999 dan 2002 untuk Gedung kantor Le Bo Ye Graphic Design dan Gedung Dua8 di Kemang, Jakarta Selatan. Untuk itu juga pada tahun 2007 Walpaper Architecture Directory menobatkan Andra Matin sebagai salah satu arsitek, dari 101 arsitek dunia, yang paling berkiprah di tahun 2007. Terakhir, pada tahun 2008 Pak Andra kembali berhasil menyabet 3 piala dari 7 penghargaan yang ada pada IAI Award.

Andra-Matin-Tipe-C-Corner







Biodata
Nama : Ir. Isandra Matin Ahmad
Lahir : Bandung 1962

Pendidikan dan karir :
·         1988 Lulus dari Universitas Parahyangan, Bandung
·         1990-1998 Bekerja di PT. Grahacipta Hadiprana, Jakarta
·         1998 Mendirikan Andra Matin Architect (AMA), Jakarta
·         Telah mengajar di Universitas Indonesia, Universitas Parahyangan, Institut Teknologi  
        Bandung dan Universitas Tarumanagara.
·         1998 Proyek Le Bo Ye Graphic Design Office, Jakarta Selatan
·         1999 Proyek Paper Gallery, Bandung
·         1999 Gedung Dua8 Ethnology Museum, Kemang, Jakarta Selatan
·         2001 Proyek Ak’sara Bookstore, Kemang, Jakarta Selatan
·         2002 Proyek Ramzy Gallery, Bangka, Jakarta Selatan
·         2005 Pameran Bienalle

Award:
  1.           1999 Penghargaan IAI untuk proyek Gedung kantor Le Bo Ye Graphic Design dan Gedung Dua8 Kemang, Jakarta Selatan.
  2.           2002 Penghargaan IAI untuk proyek Gedung kantor Le Bo Ye Graphic Design dan Gedung Dua8 Kemang, Jakarta Selatan
  3.           2006 Penghargaan IAI DKI Jakarta untuk proyek Conrad Chapel di Bali yang dirancangnya bersama Antony Liu dan Ferry Ridwan
  4.          2006 Penghargaan IAI DKI Jakarta untuk proyek rumah tinggal di Kuningan, Jakarta Selatan
  5.          2006 Penghargaan IAI DKI Jakarta untuk proyek kantor Javaplant di Tawangmangu, Jawa Tengah
  6.          2007 terpilih sebagai salah satu arsitek dari 101 arsitek baru dunia paling berkiprah di tahun 2007 versi' walpaper* architecture directory.

Poskan Komentar

Sering dilihat, yang lain mungkin juga penting