Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Kamis, 23 Agustus 2012

Peran Budaya Estetika untuk Kemajuan Masyarakat (bab 4)

Umarov Erkin 
Cuplikan buku Bunga Rampai, Said Shemuhamedov, Vitoria Levinskaya (dkk.,) 

(Edit bhs.Indonesia untuk kepentingan sain sosial dan seni oleh : Nasbahry Couto)







Budaya estetika bukan merupakan kualitas yang melekat (pada) kepribadian, tetapi terbentuk dalam proses pendidikan di seluruh seluruh hidup seseorang dan pada tingkat yang berbeda.                                                                                                                                          Umarof Erkin





Di antara prakondisi untuk membangun negara hukum demokratis dan masyarakat terbuka (Republik Uzbekistan), ada tempat khusus diperankan oleh usaha kepada peningkatan suasana budaya-kreatif.                                                                                                                               
Republik Uzbekistan membutuhkan perkembangan lebih lanjut peringkat budayanya dan karakter spiritual semua tingkat populasi wilayah ini. Dalam proses pembaharuan spiritual masyarakat itu, dilakukan dengan memperkaya aspek sosial manusia, yang dapat meliputi aspek spiritualitas masyarakat dan dengan karakteristik lainnya.
Budaya estetika adalah bagian paling penting dari budaya spiritual,  terutama dalam hal sifat kreatifnya. Presiden Republik Uzbekistan, IA Karimov, dalam pertemuan kesembilan Oliy Majlis (Parlemen Uzbekistan) mengatakan: "Bukan rahasia lagi bahwa setiap negara, setiap bangsa, memiliki kekuatan yang tidak hanya di bawah dan di atas tanah di kekayaan alam, militer atau potensi industri, tetapi di atas semuanya itu adalah dalam kebudayaannya  dan semangatnya yang tinggi "(IA Karimov," Perkembangan Generasi Harmonis Apakah Basis/Dasar untuk Kemajuan Uzbekistan "). 

Perhatian dan semangat dalam mengembangkan budaya tinggi  Republik Uzbekistan telah meningkat dari tahun ke-tahun, karena ada peningkatan pula kebutuhan masyarakat untuk  pengembang pengetahuan, pandangan dunia tradisi  dan potensi kreatif manusianya. Bagian Legislatif Republik Uzbekistan, telah mendukung perkembangan budaya di Republik itu dengan menegaskan sistem pendidikan sebagai prioritas utama di bidang pembangunan sosial: (1) reformasi sekolah dan pendidikan profesional dan pendidikan tinggi, (2) humanisasi dari sistem pendidikan dan (3) peningkatan Kegiatan kreatif oleh warga Uzbekistan. 
Budaya estetika merupakan salah satu faktor untuk meningkatkan kegiatan rohani manusia. (disamping) reformasi sekolah profesional dan yang lebih tinggi diarahkan untuk meningkatkan kegiatan spiritual manusia, semuanya memerlukan pembentukan budaya estetika di semua tingkat populasi. 
Budaya estetika bukanlah "aktivitas kreatif sesuai dengan hukum dan norma-norma keindahan"(tertentu), tetapi hubungan  kegiatan ini terhadap lingkungan dengan cara  mencerminkan cita-cita humanistik. 
Artinya, budaya estetika adalah realisasi, tujuan bertahap dan konsisten dari tradisi spiritual terbaik bangsa, hubungan yang cerdas untuk alam, dan kebangkitan nilai-nilai spiritual bangsa lain. Itulah sebabnya, budaya estetika untuk menjadi manusia bukan hanya kebutuhan ideal dan spiritual dari aktivitas kreatif, tetapi sumber tujuan dan arah untuk kegiatan yang kreatif. 
Budaya estetika adalah sistem yang rumit dari kebutuhan manusia. Ini terdiri dari pengetahuan, pengalaman dan keyakinan manusia. Dalam budaya estetika indera mengatur aktivitas kreatif dan umum, pandangan dunia yang ditetapkan oleh pengetahuan manusia dan sebagainya. 

Oleh karena itu, budaya estetika masyarakat memiliki banyak fungsi: informasi, aksiologis, komunikatif, regulatif, pendidikan dan prediktif. Semua fungsi estetika budaya berhubungan erat dan tidak dapat dipisahkan satu dari yang lain, tetapi beberapa membedakan antara budaya estetika masyarakat dan bahwa orang tersebut. 

Budaya estetika masyarakat meliputi: nilai-nilai estetika dan pengetahuan tentang alam dan fungsinya; kesadaran estetika, kegiatan dan hubungan antara orang-orang, hubungan atas dasar nilai-nilai estetika, dan pendidikan estetika untuk mentransfer ke generasi baru dasar budaya estetika, Metode untuk transformasi estetika lingkungan, dan juga pembentukan kesadaran estetika. 

Budaya estetika dari manusia (dapat) meliputi pengetahuan dan pengalaman estetis, kemauan dan kesadaran akan nilai-nilai estetika dan artistik tidak hanya untuk bangsa, tetapi untuk seluruh umat manusia. Seni mampu dan memiliki alasan tertentu terkait secara kreatif  dengan alam. Budaya estetika dari manusia termanifestasi dan tercermin dalam semua jenis dan bentuk kegiatan budaya spiritual manusia, cita estetik individu, dan relasi-relasinya, kesadaran estetik,perilaku, mentalitas, bahasa, organisasi kehidupan/pekerjaan, kontak internasional dan sebagainya. 
Sebagaimana disebutkan di atas, salah satu momen penting dari budaya estetika adalah asimilasi kreatif dari nilai-nilai spiritual dari masa lalu. Bagi Uni Soviet masa lampau, hal ini tidak populer karena Partai Komunis mengabaikan budaya spiritual masa lalu itu. Misalnya, budaya spiritual bangsa-bangsa Asia Tengah, alam pemikiran seperti sofisme, Ismailism, Kalam, Yudaisme dan lain-lain tidaklah diperhatikan. 

Banyak contoh seperti karya-karya tokoh yang mewakili zamannya seperti karya Ansory Sanoy, Attor, Rumy, Bachouddin Nakshband, Nazmitdin Kurbo, Chodga Akhror, Abdukhalic Gishduvaniy, Chodga Aly Romitany, Amir Culol dan banyak lainnya, alam pemikiran ini perlu dipahami generasi baru. Karya-karya kreatif itu bukan hanya  dari aspek filosofis, agama, dan warisan politik bangsa-bangsa Asia Tengah masa lampau, namun banyak karya seni, seni-lukis, kaligrafi dan sebagainya dari masa lampau itu yang disia-siakan. Pada masa lalu karya orang-orang Uzbek dianggap "Alpomish", "Gurughly", "Rustamchon" dan dinyatakan reaksioner. Budaya estetika pada periode itu didominasi oleh ideologi Komunis dibentuk dan dikembangkan secara timpang  tanpa pengalaman spiritual umat manusianya. Komponen penting dari ideologi komunis itu menyebabkan mereka melanggar hubungan antara manusia dan sejarah, antara kepribadian dan masyarakat, dan menciptakan ketidakpedulian terhadap budaya spiritual dari masa lalu. Hal ini berakibat munculnya apatisme sosial yang tinggi saat itu. Situasi sepert ini telah digambarkan oleh Ch. Auytmatov dalam novelnya, Halt Blizzard. 

Budaya estetika merupakan salah satu komponen utama dari kemajuan sosial. Ini adalah kontribusi terbaik untuk realisasi dan penegasan eksistensi manusia, pada saat yang sama itu adalah proses humanisasi kehidupan sosial. Budaya estetika dari orang-orang Uzbek memiliki akar sejarah yang mendalam dan memberikan kontribusi bagi kelangsungan hidup Uzbekistan terhadap banyak guncangan sosial dan sejarahnya. Aspek yang berbeda dari sejarah orang-orang Uzbek, terlihat pada monumen budayanya. 
Budaya estetika, meskipun elemen yang paling penting dari kehidupan spiritual masyarakat dan manusia, tidak habis oleh hal-hal rohani, tetapi diawetkan dalam objek dari dunia materi dan dalam kontak sosial, dalam pengalaman sosial dan sebagainya. Artinya, isi budaya estetika meliputi pengalaman manusia, yang dapat dipertahankan dalam kesadaran sosial, hubungan sosial, fenomena psikologi-sosial dan lain-lain. 


Budaya estetika itu sendiri disampaikan dari generasi ke generasi oleh seni (arsitektur, puisi, musik, tari, dan sebagainya), karena seni, seyogyanya telah memberikan kesempatan manusia untuk mendengarkan jati dirinya dari abad ke abad tentang cerita tragis atau kebahagiaan generasi sebelumnya
Seni adalah pengalaman sejarah, memori sosial umat manusia, dan pada saat yang sama menggambarkan (representasi), tujuan dan ideal untuk perkembangan umat manusia. Budaya estetika adalah kekuatan yang telah mengkonsolidasi masyarakat dunia menjadi satu umat manusia. Seperti karya arsitektur "Shakhy-Zinda", "Gur-Emir", "Bibi-Khanym", di Samarkand dan makam Ismail Samoniy, dan lain-lain tidak hanya memusatkan perhatian pada kehidupan sosio-historis dari generasi masa lalu, tetapi mengirimkan patriotisme, humanisme dan ketekunan untuk generasi sekarang dan mendatang. 


Sumber: (Oleh: Doug Burnett, http://www.odyssei.com/travel-gallery/3446.html

Ada signifikansi mirip dengan puisi "Shachnome" oleh Firdousy, yang merupakan salah satu hal yang paling menarik dari sastra dunia. Pada abad ke-11 puisi ini menguraikan semua prinsip patriotisme dan humanisme. Oleh karena itu dia memberi warna mendalam pada independensi dan reformasi Uzbekistan sekarang ini, termasuk lingkup dunia pendidikan, oleh karena itu perlu untuk memahami budaya estetika masa lalu itu. 
Namun, pembentukan dalam budaya estetika adalah proses yang rumit dan kontradiktif. Manusia membutuhkan waktu untuk menyadari perubahan kesadaran yang terjadi di bawah pengaruh keadaan atau melalui pengembangan diri, pendidikan-diri dan perbaikan-diri.
Terutama budaya estetika dari orang yang memiliki stabilitas (pragmatis) yang lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa perubahan yang berlangsung sangat lambat dan dengan susah payah. Dalam praktek sosial kita jumpai mentalitas konservatif, yang memperlambat proses perubahan sosial yang progresif, karena orang tidak ingin melakukan tanpa pola stereotip lama mereka, (terutama dalam hal) norma-norma lama dan prinsip-prinsip tindakan (mereka). 
Kegiatan sosial baru di Uzbekistan (telah) mengubah semua bentuk kehidupan sosial, dan ini (adalah) reorganisasi kesadaran sosial yang membutuhkan budaya spiritual baru. (Oleh karena itu ), Dalam prosesnya budaya estetika bisa memainkan peran penting karena dapat diminati secara oleh setiap orang, berbicara langsung kepadanya dalam bahasa emosional dan ditujukan pada waktu yang sama untuk kedua pikiran dan jiwa. 

Setiap orang melalui budaya belajar nilai-nilai estetika umum dan alami dan kemudian mengembangkan sistem sendiri cita-cita, selera, dan gagasan. Budaya estetika adalah regulator yang kuat dari perilaku nyata masyarakat. Ini adalah kedua pemahaman makna kehidupan dan manifestasi dari esensi sosial manusia, khususnya hubungan antara manusia dan masyarakat. Nilai orientasi, yaitu budaya estetika, memberikan manusia sebuah program untuk realisasi diri. 


Peta negara Republik Uzbekistan (sumber: http://www.youtube.com/watch?v=qURLsNWRBNQ)

(Di samping itu), pada saat ini, perlu untuk mengembangkan budaya ekologi, karena ada kebutuhan hubungan baru antara alam dan manusia. Itulah sebabnya, dalam isi hubungan budaya estetika dan estetika dengan alam memegang tempat khusus. Alam selalu memiliki pengaruh yang sangat besar pada manusia. 

Budaya spiritual dari orang-orang Uzbek di masa lalu dan (juga seperti) pada saat ini berisi banyak contoh (untuk dipahami betapa) pentingnya hubungan tersebut. Abdurahmon Ghamy dan Alisher Navoy menyerukan agar manusia untuk hidup sesuai dengan alam. Dalam kesatuan dengan alam, Ghamy melihat makna dan nasib manusia. Pada waktu kita, memperoleh pemahaman menghidupkan kembali pikiran seperti itu (hubungan antara alam dan manusia). 

Oleh karena itu, salah satu tujuan dari budaya estetika harus menjadi kesadaran yang mendalam oleh orang-orang atas tanggung jawab mereka terhadap kondisi alami. Budaya estetika harus mempromosikan pembentukan budaya ekologi baru, yaitu, kesadaran atas kesatuan ekologis antara alam dan manusia. Kesadaran tersebut kini menjadi penting karena situasi ekologi yang memburuk, terutama di kawasan Asia Tengah (tragedi pemusnahan fauna dan flora di Laut Aral, dan Asia Tengah). Dengan kata lain budaya estetika harus memberikan arah ekologi baru. Budaya estetika bukan merupakan kualitas yang melekat (pada) kepribadian, tetapi terbentuk dalam proses pendidikan di seluruh seluruh hidup seseorang dan pada tingkat yang berbeda. 

Nikmati musik orang Uzbekistan, yang bernuansa alami (You Tube)







Sering dilihat, yang lain mungkin juga penting