Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Rabu, 05 Agustus 2020

Kerajinan Sebagai Ilmu Pengetahuan Tacit (Non-Ragawi)


Nasbahry Couto

Peter Dormer  dalam bukunya The Art of the Maker: Skill & its meaning in Art, Craft & Design, [[1]][[2]] dan buku Harry Rand “Hundert­wasser”.[[3]] Ini menempatkan Dormer dan Hundertwasser dalam diskusi tentang peran pengetahuan praktis atau kria  dan seni. Hal ini dilakukan sebab dua tokoh ini sangat penting bagi pratisi, dan teoritikus kria dan seni  untuk memperoleh pengalaman diri dari berkarya dan atau berkarya, karena pengetahuan ini tidak dapat di­artikulasikan dengan kata-kata.
Dalam pandangan Dormer, pengetahuan itu secara fundamental dibagi menjadi dua kelompok utama: pertama, pengetahuan yang dapat dijelaskan dalam kata-kata, dan yang lainnya, pengetahuan yang hanya dapat ditampilkan. Lazimnya orang menyebut yang  pertama sebagai pengetahuan teoritis, dan yang terakhir sebagai pengetahuan praktis.

Ide  Dormer ini didasarkan pada karya Ludwig Wittgenstein,[[4]] seorang filsuf Barat abad kedua puluh, yang pada tahun 1918 ber­pendapat bahwa masalah mendasar dalam filsafat sebenarnya terle­tak pada perbedaan antara apa yang dapat diekspresikan secara teo­ritis dalam proposisi dan yang tidak bias diekspresikan secara teoritis tetapi hanya bisa ditampilkan. Yang pertama, pengetahuan teoretis, menggunakan bahasa untuk menganalisis pertanyaan kita tentang dunia ini dan kemudian mencerminkan penemuan yang mungkin kita capai. Dengan bahasa kita mendapatkan kekuatan untuk mem­bangun pemikiran konseptual.

Peter Dormer membandingkan cara kerja seniman (artis) dengan “craftman” (pengrajin). Dan menjelaskan bahwa yang terpenting bagi seniman adalah untuk mendapatkan pengalaman diri (ekxperience) saat berkarya atau melakukan seni, karena pengalaman dalam seni itu sangat sulit untuk diungkapkan melalui kata-kata. Sebaliknya pengetahuan  pengkriyaan  adalah pikiran yang hanya mungkin dilakukannya melalui membuat sesuatu. Jadi antara seni dan  pengkriyaan  itu memiliki arah dan tujuan yang sangat berbeda tetapi saling menunjang satu sama lain. Apa sebabnya?

Dormer Menjelaskan, bahwa pengetahuan  pengkriyaan  hanya meningkat melalui pengalaman manusia dan berkembang dalam diri manusia dengan membentuk pengetahuan tertentu - tetapi pengetahuan yang dirasakan dan jarang dapat diartikulasikan (melalui kata-kata) dengan baik. Pengetahuan ini hanya dapat diekspresikan dalam seni. Karena itu disini terlihat dukungan  pengkriyaan  terhadap seni. Untuk memahami lebih lanjut, Dormer  menjelaskan adanya dua jenis pengetahuan manisia
·         Pengetahuan yang diartikulasikan dalam kata-kata - menjadi Teoritis - mengarah pada Analisis / Refleksi - menghasilkan Konsep
·         Pengetahuan craft (kerajinan), yaitu pengetahuan  yang hanya dapat ditampilkan/ diperagakan - dengan demikian bersifat (1) “praksis” (praktik (bidang kehidupan dan kegiatan praktis manusia) (2) mengarah pada pengetahuan tasit (tacit) “tak terlihat” yaitu pengetahuan yang tidak bisa diungkapkan melalui kata-kata, dan (3) pengetahuan yang hanya bisa ditunjukkan dengan contoh atau perbandingan.  Contohnya sangat banyak misalnya ketrampilan /  pengkriyaan  pemain biola, juru gambar, ahli bedah, permainan silat dan sebagainya, (4) pengetahuan itu memproduksi pengalaman. Dalam hal ini (Dormer, 1997, dalam Taggart, 2018)  menjelaskan sebagai berikut ini.
“Sentuhan khusus dari pemain biola, pianis, juru gambar, ahli bedah, perawat atau dokter hewan tidak dapat dijelaskan, tetapi hal itu dapat ditunjukkan dan, pada tingkat tertentu, ditiru atau bahkan dipelajari sepenuhnya oleh orang lain.” Dormer 1994, 14.
(5) Connoisseurship - pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman indra. Membutuhkan upaya pribadi, praktis dan fisik.(6) Pengetahuan yang bersifat lokal, yaitu ketika seseorang menerapkan pengetahuan yang dipelajari dengan cara individual.

Pada dasarnya mirip dengan pengetahuan tasit (tacid) penikmat sesuatu dapat menerima pengetahuan yang dapat dicapai melalui pengalaman indra. Tentu saja, bagi penikmat hal ini sangat berharga, karena sangat bermanfaat, misalnya, mencicipi makanan dan ang­gur, atribusi seni, dan mendiagnosis masalah juga.

Dormer menjelaskan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, cu­kup jelas bahwa konsep itu saja tidak cukup; untuk menyelesaikan sesuatu, kita juga perlu melakukan upaya praktis dan fisik. Yaitu menulis, berbicara, menggambar, melukis bersilat, atau merefleksi­kan tindakan bukanlah hal yang sama dengan tindakan itu sendiri, juga tidak memberikan banyak wawasan tentang bagaimana rasanya bertindak, dan untuk mengetahui sendiri bagaimana bertindak.

Dengan demikian, pengetahuan yang dibutuhkan untuk mem­buat sesuatu tidak sama berperannya dengan memahami prinsip di baliknya. Misalnya, pengetahuan teoretis Hukum Termodinamika, seperti yang diperdebatkan oleh Dormer, tidak dapat memberi tahu Anda cara membuat mesin yang tunggal. Sebab itu untuk membangun mesin, selain membutuhkan pengetahuan teoretis, ia juga membutuhkan pengetahuan praktis dari insinyur dan ahli me­sin, yang rumit; sebagian besar tidak bisa dipecahkan melalui bahasa matematika atau logika, konsep, teori atau dalam kata-kata.

1. Kecendrungan Kerajinan Untuk Menjadi Tunggal (Singular)

Karena itu terjadi pada setiap individu, dan hanya dalam satu diri (rasa singularitas), pengetahuan praktis atau ketrampilan-kerajinan kadang-kadang disebut sebagai pengetahuan ‘lokal’, yang berbeda dari pengetahuan umum. Misalnya dalam seni visual. Pengetahuan umum tentang ini adalah informasi yang memberi murid teori dasar tentang warna -- misalnya, ketika mencampur biru dan kuning -- siswa akan mendapatkan warna hijau, dan demikian pula, dengan mencampur hitam dan putih untuk mendapatkan warna abu-abu. Sedangkan pengetahuan lokal (local knowledge) adalah bakat murid itu  sendiri untuk mengatur semua warna di atas kanvas sebagai lukisan, sebagai ‘karya seni’. Pengetahuan lokal  (local knowledge) semacam itu hanya dicapai sebagai pengalaman murid itu sendiri, setiap  pengkriyaan  itu bisa berbeda, dan terutama terjadi hanya pada satu orang saja – yaitu diri siswa itu sendiri, dalam keberadaannya; jadi tidak  universal.


 Apakah itu Pengetahuan Lokal (What Is Local Knowledge?)
Pengetahuan lokal adalah pengetahuan orang-orang dalam komunitas tertentu telah berkembang dari waktu ke waktu, dan terus berkembang berdasarkan sebagai berikut ini.
·          Berdasarkan pengalaman
·          Sering diuji selama berabad-abad penggunaan
·          Diadaptasi dengan budaya dan lingkungan lokal
·          Tertanam dalam praktik komunitas, institusi, hubungan dan ritual
·          Diselenggarakan oleh individu atau komunitas
·          Dinamis dan berubah
Pengetahuan lokal tidak terbatas pada kelompok suku atau penduduk asli suatu daerah. Itu bahkan tidak terbatas pada masyarakat pedesaan. Sebaliknya, semua komunitas memiliki pengetahuan lokal - pedesaan dan perkotaan, menetap dan nomaden, penduduk asli dan pendatang. Ada istilah lain, seperti pengetahuan tradisional atau pengetahuan adat, yang terkait erat, sebagian tumpang tindih, atau bahkan identik dengan pengetahuan lokal. Istilah kearifan lokal tampaknya paling tidak bias dalam hal konten atau asalnya. Karena mencakup sistem pengetahuan yang lebih besar, ia memasukkan yang diklasifikasikan sebagai tradisional dan asli (indigenous).
Sistem pengetahuan bersifat dinamis, orang beradaptasi dengan perubahan dalam lingkungannya dan menyerap serta mengasimilasi ide dari berbagai sumber. Namun pengetahuan dan akses pengetahuan tidak tersebar secara merata di seluruh komunitas atau antar komunitas. Orang mungkin memiliki tujuan, minat, persepsi, keyakinan, dan akses ke informasi dan sumber daya yang berbeda. Pengetahuan dihasilkan dan disebarkan melalui interaksi dalam konteks sosial dan agro-ekologi tertentu. Itu terkait dengan akses dan kontrol atas kekuasaan. Perbedaan status sosial dapat memengaruhi   persepsi, akses ke pengetahuan dan, yang terpenting, pentingnya dan kredibilitas yang melekat pada apa yang diketahui seseorang. Seringkali, pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat miskin pedesaan, khususnya perempuan, diabaikan dan diabaikan.
Pengetahuan lokal unik untuk setiap budaya atau masyarakat; tua dan muda memiliki berbagai jenis pengetahuan. Dan, perempuan dan laki-laki, petani dan pedagang, orang-orang terpelajar dan tidak berpendidikan semuanya memiliki jenis pengetahuan yang berbeda.
·     Pengetahuan umum dipegang oleh kebanyakan orang dalam komunitas; misalnya hampir semua orang tahu cara memasak nasi (atau makanan pokok lokal).
·     Pengetahuan bersama dimiliki oleh banyak, tetapi tidak semua, anggota masyarakat; misalnya penduduk desa yang memelihara ternak akan mengetahui lebih banyak tentang dasar peternakan daripada mereka yang tidak memiliki ternak.
·     Pengetahuan khusus dimiliki oleh beberapa orang yang mungkin pernah mengikuti pelatihan khusus atau magang; misalnya hanya sedikit penduduk desa yang akan menjadi tabib, bidan, atau pandai besi.
Jenis pengetahuan yang dimiliki orang terkait dengan usia, jenis kelamin, pekerjaan, pembagian kerja dalam keluarga, perusahaan atau komunitas, status sosial ekonomi, pengalaman, lingkungan, sejarah, dll. Hal ini memiliki implikasi yang signifikan bagi pekerjaan penelitian dan pengembangan. Untuk mengetahui apa yang diketahui orang, orang yang tepat harus diidentifikasi. Misalnya, jika anak laki-laki yang menggembala, mereka mungkin tahu, lebih baik daripada ayahnya, di mana lokasi penggembalaan terbaik. Jika kita meminta ayah untuk menunjukkan padang rumput yang bagus, kita mungkin hanya mendapatkan sebagian informasi. Para profesional pembangunan terkadang berpikir bahwa penduduk desa hanya tahu sedikit, padahal orang yang salah telah diwawancarai.
Penting untuk disadari bahwa kearifan lokal - sebagaimana jenis pengetahuan lainnya - bersifat dinamis dan terus berubah, karena beradaptasi dengan lingkungan yang berubah. Karena kearifan lokal berubah seiring waktu, terkadang sulit untuk memutuskan apakah suatu teknologi atau praktik bersifat lokal, diadopsi dari luar, atau campuran komponen lokal dan yang diperkenalkan. Dalam kebanyakan kasus, situasi terakhir kemungkinan besar terjadi. Namun, untuk proyek pembangunan, tidak masalah apakah suatu praktik benar-benar lokal atau sudah dicampur dengan pengetahuan yang diperkenalkan. Yang penting sebelum mencari teknologi dan solusi di luar komunitas adalah melihat terlebih dahulu apa yang tersedia di dalam komunitas. Berdasarkan informasi ini, keputusan dapat dibuat tentang jenis informasi yang lebih relevan dengan situasi tertentu. Kemungkinan besar, ini akan menjadi kombinasi dari berbagai sumber pengetahuan dan jenis informasi.
Ini sekali lagi memiliki implikasi penting bagi proses penelitian dan pengembangan. Tidak cukup hanya mendokumentasikan pengetahuan lokal yang ada. Sama pentingnya untuk memahami bagaimana pengetahuan ini beradaptasi, berkembang, dan berubah seiring waktu. Bagaimana pengetahuan ini dikomunikasikan juga penting, dan oleh siapa, baik di dalam maupun di luar komunitas.

Karena itu terjadi pada setiap individu, dalam satu diri dalam rasa singularitas, pengetahuan praktis atau  pengkriyaan  kadang-kadang disebut sebagai pengetahuan 'lokal', yang berbeda dari pengetahuan umum.

Misalnya dalam melukis (seni visual). Pengetahuan umum ada­lah informasi yang memberi kita teori dasar tentang warna yang mengatakan, misalnya, ketika mencampur biru dan kuning, kita akan mendapatkan warna hijau, dan demikian pula, dengan men­campur hitam dan putih untuk mendapatkan warna abu-abu. Den­gan demikian, pengetahuan lokal  (local knowledge) adalah bakat seseorang untuk mengatur semua warna di atas kanvas sebagai luki­san, sebagai 'karya seni'. Pengetahuan lokal  (local knowledge) sema­cam itu hanya dicapai sebagai pengalaman satu diri, dalam satu orang, itu terutama terjadi hanya pada seseorang - dirinya sendiri, dalam keberadaannya; jadi itu tidak bisa universal.

Kemampuan untuk mengandalkan pengetahuan tentang warna, nada, ilusi perangkat, dan juga untuk mengetahui bagaimana materi akan berperilaku, adalah kunci untuk mewujudkan tujuan seniman. Semakin banyak pengetahuan  pengkriyaan  yang dimiliki seniman, se­makin dia dapat mengatasi masalah bergambar yang muncul saat dia bergerak menuju tujuannya.






Pengetahuan lokal adalah kumpulan fakta dan berhubungan dengan seluruh sistem konsep, kepercayaan, dan persepsi yang dipegang orang tentang dunia di sekitar mereka. Ini termasuk cara orang mengamati dan mengukur lingkungannya, cara mereka memecahkan masalah, dan memvalidasi informasi baru. Ini mencakup proses di mana pengetahuan dihasilkan, disimpan, diterapkan, dan ditransmisikan ke orang lain.
Konsep pengetahuan tradisional menyiratkan bahwa orang yang tinggal di daerah pedesaan terisolasi dari dunia luar dan bahwa sistem pengetahuan mereka statis dan tidak berinteraksi dengan sistem pengetahuan lain.
Sistem pengetahuan adat sering dikaitkan dengan masyarakat adat sehingga lebih membatasi untuk kebijakan, proyek dan program yang berusaha bekerja dengan petani pedesaan pada umumnya. Lebih lanjut, di beberapa negara, istilah adat memiliki konotasi negatif, karena dikaitkan dengan keterbelakangan atau memiliki konotasi etnis dan politik.
Sumber: Warburton dan Martin (1999) dan Situs FAO untuk Gender, Agrobiodiver­sity and Local Knowledge

Bagi Dormer, pengetahuan kerajinan/kria tidak hanya me­mungkinkan kita untuk mencapai tujuan kita, tetapi juga memung­kinkan kita untuk membayangkan seperti apa tujuan kita nantinya. Ini membantu untyuk  memvisualisasikan tujuan di tempat pertama dan menjelajahi subjek dengan penuh keyakinan dalam mencari so­lusi yang tepat (Dormer 1994, 19-20).

Dapat disimpulkan untuk menjadi seorang seniman, keunikan hanya bisa dilihat dari kekhususan ketrampilan. Hundertwasser mengungkapkan betapa pentingnya singularitas, sebagai aset kreati­vitas setiap individu. Setiap orang tunggal sangat unik. Orang sangat berbeda satu sama lain, karena mereka sudah berbeda sejak lahir. Baginya, setiap orang dapat dan harus kreatif, dan itu adalah hukum alam: yang penting adalah apa Anda dan apa yang Anda buat sen­diri.

Secara ekstrem, Hundertwasser percaya bahwa 'nama' setiap manusia pun mencerminkan sebagian besar dirinya. Karena itu, se­perti raja yang memahkotai dirinya sendiri, setiap orang harus me­namai dirinya sendiri, seperti yang dilakukan Hundertwasser untuk dirinya sendiri: namanya saat ini Friedensreich Regentag Dunkel­bunt Hundertwasser (berarti Kaya dalam kedamaian, hari hujan, Berwarna gelap, Berwarna-warni air, seratus) bukan nama aslinya; itu diperbarui dari namanya yang diberikan Friedrich Stowasser. Ba­ginya, selama seseorang menyimpan nama yang diberikan, dia tidak bisa menjadi dirinya sendiri, dengan demikian tidak akan pernah menjadi kepribadian yang mandiri. "Nama Anda adalah label Anda" dan sangat spesifik, sesuai dengan Anda, dan mengekspresikan diri Anda, identitas Anda.



[1] Peter Dormer (1949-1996) adalah seorang jurnalis dan penulis terkenal Inggris yang berspesialisasi dalam seni visual kontemporer, seni terapan, desain dan arsitektur. Tesis utama Dormer dalam diskusi ini adalah bahwa pengetahuan kerajinan memperkaya pengalaman individu dan menjadi bagian dari diri. Pengetahuan inilah yang diekspresikan dalam seni. Karena itu, seni mendapat manfaat darinya.
[2] Taggart,Cathy Mac (2018), Peter Dormer, The Art of the Maker
[3] Hundertwasser (1928-2000) adalah pelukis, pemahat, arsitek, dan ahli ekologi Austria. Seni-Nya dapat dianggap sebagai alternatif asli dari kekosongan begitu banyak seni modern. Dalam karyanya itu adalah objek itu sendiri yang paling bagus, bukan implikasinya. Alih-alih memberikan teori, ia lebih suka menjelajahi ranah indera. Karya-karya Hundertwasser dalam arsitektur, yang ia klaim berakar pada Hukum Alam, mencerminkan konsistensi keharmonisannya hidup dengan alam.
[4] Ludwig Josef Johann Wittgenstein , lahir di Wina, Austria, 26 April 1889 – meninggal di Cambridge, 29 April 1951 pada umur 62 tahun,  adalah salah seorang filsuf paling berpengaruh pada abad 20 dan memiliki kontribusi yang besar dalam filsafat bahasa, filsafat matematika, dan logika. Ia berpendapat bahwa masalah filsafat sebenarnya adalah masalah bahasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda, jika ingin menggunakan emotion, silahkan klik emotionnya, dan kopy paste kodenya dalam kotak komentar

Sering dilihat, yang lain mungkin juga penting