Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Rabu, 19 Maret 2008

Nasbahry Couto

Blog Nasbahry Editorial ini sengaja untuk bidang sosial dan lingkungan, oleh karena itu bisa masuk ke kawasan politik, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan dan lingkungan. Blog ikut mengembangkan dan menyebarluaskan pengetahuan untuk tujuan kemanusiaan.  Dua penulis utama dalam blog ini yaitu Nasbahry Couto (berbasis pendidikan seni visual, desain dan komunikasi) danTarmizi (berbasiskan analisis kimia dan ilmu kependidikan). Untuk penunjang blog ini, dibantu dengan para pakar di bidang tertentu yang berhubungan dengan tujuan blog ini.



Drs. Nasbahry Couto, M. Sn (tengah kiri, sewaktu presentasi tentang desain di Padang)

1.Nasbahry Couto
Dilahirkan 20 Mei 1950 di Bukittinggi, Sumatera Barat, berasal dari keluarga seni, guru, pedagang. Oleh karena itu memahami seluk-beluk dan masalah seni dalam keluarga sendiri. Seni lukis ditekuni sejak SMP dengan pelukis Wakidi, di Bukittinggi. Disamping bidang kriya, dan seni rupa, juga tertarik dengan bidang arsitektur. Sedangkan tulis-menulis ditekuni sejak jadi pengajar di perguruan tinggi. 
Telah menulis 10 buku, diantara yang diakui secara internasional adalah buku: Budaya visual seni tradisi Minangkabau, 1998, UNP Press Padang. Terdaftar pada koleksi Asia di Cornell Univesity, Amerika Serikat, National University, Australia dan lain-lain.

Pendidikan formil diperoleh dari SD 7,1963, SMP I Bukittinggi, 1966, SMA A Teladan, lulusan ( jurusan Ilmu Pasti Alam/ PAS/PAL), Bukittinggi 1969, melanjutkan studi di Jurusan Komunikasi Seni (Art Communication), Seni Rupa ITB Bandung 1970, lulus Sarjana Muda tahun 1973, melanjutkan ke Jurusan Grafis dan lulus tahun 1977. Magister (S2) PPS Seni rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung 1998. Semenjak tahun 1979 mengajar di Jurusan Seni Rupa IKIP Padang (sekarang Universitas Padang). Selain itu sebagai pengajar pada jurusan Arsitektur Sekolah Tinggi Sumatera Barat sejak 1979. Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta Padang, tahun 1981-1995/ sekarang. Dan juga di Jurusan Kriya Institut Seni Indonesia Padang Panjang ( 1999- 2002).


Beberapa pengalaman penting yang diikuti antara lain. 

  • Sebagai Sekretaris/ Ketua Jurusan Teknik Arsitektur Universitas Bung Hatta ( 1982-1991) 
  • Kepala UPT, Pengembangan dan Perencanaan Pendidikan Fakultas Teknik Universitas Bung Hatta (1991-1995) 
  • Studi pelaksanaan Pembelajaran dan Pendidikan di PT2, negara Asean antara lain ke Universitas Thamasat di Bangkok, (Thailand) , Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM, ITM (Malaysia), UNU (Singapura) tahun 1993. 
  • Berbagai penataran dan Lokakarya mengenai Pelaksanaan Pendidikan 
  • Penataran pembuatan buku teks dan buku ajar untuk PT 
  • Sekretaris Penerbit dan Percetakan UNP Press 2010 -sd Sekarang 
  • Aktif sebagai penulis dibidang seni dan budaya di media masa. Pernah beberapa kali pameran seni lukis tetapi perhatian lebih banyak ditujukan pada kegiatan menulis dan desain grafis seperti bidang fotografi. 
2.Tarmizi





Presentasi Tarmizi, Juli 2009 di Sahid Jaya Hotel Jakarta, tentang Analis Kimia

Tarmizi adalah Penulis dan pendidik dibidang ilmu pengetahuan alam, khususnya mengenai pengelolaan laboratorium IPA, tanaman obat berupa arikel dan buku-buku yang telah diterbitkan oleh beberapa penerbit :Kamus Istilah Kimia Populer terbitan Angkasa Raya, Petunjuk dan Pembuatan Pereaksi Kimia terbitan Angkasa, Petunjuk Laboratorium IPA SLTP,Petunjuk Laboratorium IPA terbitan UNP Press. Pembuatan Pereaksi Kimia terbitan UNP Press. Tak lupa pula penulis juga telah mengarang cerita anak berupa Fiksi Sains yang antara lain: Ayam bertelur Emas, Kisah Arman dan Bawang Putih terbitan Tiga A Sariutama. Manajemen Laboratorium 2009, Kamus Kimia Populer Bergambar 2010 pada UNP Press. Telah menjadi penulis tetap pada: Harian Semangat di Padang pada tahun 1990 s/d 1992, Harian Independen Singgalang di Sumatera Barat sejak 1993 sampai 1998, artikel di Majalah Panasea pada tahun 1993 hingga 1997, Koran Masuk Sekolah 1993-1994, Tabloid Ganto 1991-1994, Majalah Korpri pada tahun yang sama,Majalah Bina Diknakes, Tabloid Paron, pernah menulis Novelet di Majalah Kartini 1989.Padang Express 20005 s/d 2006
Beberapa Kontributor

Dra. Zubaidah Agus, M.Sn
Kelahiran Bukittinggi, 25 April 1958. 
Lulusan Kependidikan Seni Rupa IKIP Padang th 1984, 
Pasca Sarjana ITB Jurusan Seni Murni th 2001.
Banyak mengadakan penelitan tentang budaya visual tradisi Minangkabau khususnya tentang pakaian adat wanita. 
Konstribusi pada blog ini adalah dalam membahas karya seni, mengisi tulisan ilmiah dan populer budaya visual khususnya tentang hasil penelitian.



Dra. Minarsih, M. Sn.


Kelahiran 19 April 1956 di Bukittingg, Sumatera Barat, Sarjana Pendidikan Seni Rupa, IKIP Padang,Pasca Sarjana Seni Murni, ITB, Bandung. Berasal dari keluarga intelektual dan pegawai ketrampilan di bidang tekstildan praktik menjahit sejak kecil. Mengikuti pelatihan, tekstil (tapestry) di ITB Bandung, Mengikuti pelatihan printing tekstil di Cesna,Membina wirrausaha untuk mahasiswa Seni Rupa. Konstribusi pada blog ini adalah dalam tulisan/ artikel ilmiah di bidang budaya visual khususnya tentang seni rupa, kerajinan (craft Tangan) dan juga tentang kependidikan seni rupa.


Ir. Harmaini Darwis Msc.
Kelahiran Manggopoh, 1948, berasal dari keluarga guru. Sejak lama tertarik dibidang arsitektur tradisional Minangkabau.Banyak memberikan konsultasi dan ceramah mengenai Asitektur Minangkabau, diantaranya untuk peneliti asing yang datang ke Sumatera Barat, oleh karena pengetahuan ini yang ditambah dengan disiplin ilmu arsitektur termasuk langka. Karya-karya ilmiah antara lain  Seminar Arsitektur Tradisional -Moderen Minangkabau (1980), 2) Pengumpul data tentang arsitektur tradsional Minangkabau, pada Festival Istiqlal, 1995. Menekuni bidang sejarah dan Teori Arsitektur sejak tahun 1994. Pendidikan formil terakhir di jurusan Seni Bina, program studi Architecture Enginering di Universitas Technologi Malaysia (1997-2000), dan mendapat gelar Master of Science. Pengalaman mengajar, menjadi asisten dosen di Jurusan Teknik Arsitektur ITSB (1969-1980), Dosen Univefsitas Bung Hatta (1980-sekarang).

Sering dilihat, yang lain mungkin juga penting