Automatic translation of this blog page: Terjemahan otomatis blog ini

Sabtu, 14 Agustus 2010

Pengertian Budaya

Maksud dan Tujuan


Sekarang kebudayaan itu  dapat dibagi atas warisan budaya yang terlihat (tangible cultural heritage) dan kebudayaan yang tidak terlihat (intangible cultural heritage). Warisan budaya yang terlihat termasuk didalamnya hasil seni rupa, desain, kerajinan dan arsitektur. Sedangkan warisan budaya yang tidak terlihat adalah yang tampak jika ditampilkan. Yaitu hasil pemikiran, ide-ide, konsepsi, seperti ilmu pengetahuan tradisional/moderen, obat-obat tradisi, ilmu silat dan sebagainya. Termasuk hasil seni audiovisual seperti musik dan tarian. 



Ada ratusan definisi tentang kebudayaan, dan banyak pula orang keliru dalam menafsirkan kebudayaan, misalnya yang diajarkan di sekolah-sekolah hanya kebudayaan perilaku manusia (pikiran-pikiran yang bermuara kepada tindakan sadar maupun tak sadar, yang diwariskan lingkungan)



Budaya Tak Benda dan Unesco



Batik sebagai  warisan budaya tak benda (Intangible Cultural Heritage)



1 komentar:

  1. Blog yang berkualias, perlu di support. Untuk membuka wawasan Seni dan Budaya dalam masyarakat umumnya. Seni memang Pengejawantahan Ide kedalam bentuk Inderawi.

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan komentar Anda, jika ingin menggunakan emotion, silahkan klik emotionnya, dan kopy paste kodenya dalam kotak komentar

Sering dilihat, yang lain mungkin juga penting